Nama Nama Tarian Di Indonesia Beserta Penjelasannya

Indonesi dikenal sebagi negara dengan banyak sekali budaya yang mengiringi pertumbuhanya. Mulai dari lagu-lagu daerah, bahasa, suku hingga seni tari yang tidak sama antar daerah yang satu dengan daerah yang lainya. Masing-masing nama nama tarian di Indonesia beserta penjelasannya memiliki karakter yang berbeda-beda dan sangat bisa untuk dikenali sehingga dengan mudah kita mengingat misalnya tari saman berasal dari aceh, tari ngeremo berasal dari jawa timur atau yang lainya. Untuk memperdalam pengetahuan kita mengenai keberagaman kebudayaan Indonesia tak ada salahnya jika kita kembali mempelajari dan mengingat apa saja nama nama tarian di Indonesia beserta penjelasannya.

1. Tari Gantar


Nama Nama Tarian Di Indonesia Beserta Penjelasannya

Tari yang sangat dikenal oleh suku Dayak ini memiliki makna tersendiri. Tari ini adalah tarian khusus yang dibawakan oleh para penari saat menyambut para tamu dan menunjukan rasa syukur mereka. Tarian ini menggambarkan kebahagian para petani yang sedang menumbuk padi dan menysukuri berkah dari Tuhan. Tongkat yang digunakan para penari menjadi simbol penumbuk padi, sedangkan biji-bijian yang ada disekitar mereka menjadi simbol padi-padian yang sedang mereka tumbuk.

2. Tari Kancet Lasan



Sama halnya dengan tai gantar, nama nama tarian di Indonesia beserta penjelasannya yang berikutnya ini juga sangat dikenal oleh suku dayak. Karena tarian ini menggambarkan kehidupan burung Enggang. Sebuah burung yang sangat diagung-agungkan oleh suku dayak. Tarian ini dibawakan oleh seorang penari wanita yang memiliki gerakan gemulai, inti gerakanya menirukan sikap dan tindak tanduk burung enggang yang tengah terbang melayang hingga hinggap di pucuk pohon. Gerakan yang banyak muncul di tarian ini adalah gerakan dengan posisi rendah seperti jongkok hingga ada beberapa gerakan sendeku atau posisi lutut menyentuh lantai.

3. Tari Saman 


Nama Nama Tarian Di Indonesia Beserta Penjelasannya

Tarian yang berasal dari Aceh ini sangat mudah untuk dikenali. Mengapa? Dari segi gerakan, pakaian hingga jenis musiknya memang sangat berbeda dengan gerakan tari-tarian lainya. Tarian ini di latar belakangi oleh agama di Islam dan bangsa arab yang musiknya menggunakan musik khas Aceh namun berisi berbagai ajakan melakukan kebaikan sebagaimana yang diperintahkan oleh agama islam. Gerakan utama dalam tarian ini adalah duduk berjajar dengan melakukan gerakan yang dinamis dan bersamaan.
Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
Unihouse
AUTHOR
19 June 2015 at 20:16 delete

Bnyk bngt budaya bngsa ini men !!!!

Reply
avatar
sehat itu aku
AUTHOR
19 June 2015 at 22:33 delete

ternyata ada maknanya kirain cuma tarian doang

Reply
avatar
Macabre
AUTHOR
19 June 2015 at 23:07 delete

wih ternyata terian dari indonesia itu emang keren keren

Reply
avatar
Hadi Surahman
AUTHOR
22 June 2015 at 07:12 delete

Tarian indonesia itu tidak ada duanya, keren lah :D

Reply
avatar

- Komentar sesuia dengan topik
- Dilarang berkomentar kata-kata jorok atau sara
- Mohon untuk tidak menautkan link aktif


ConversionConversion EmoticonEmoticon