Nama nama alat musik tradisional Indonesia beserta penjelasannya

Setelah kita membahas secara singkat  tarian daerah yang memiliki nilai sejarah sendiri, kini kita bergeser pada pengiring 2 seni budaya tersebut yaitu alat musik. Sudah merupak hal yang semestinya jika tarian dan lagu daerah diiringi oleh alat musik daerah juga. Asal anda ketahui bahwa ada banyak sekali jenis alat musik yang berasal dari setiap daerah di Indonesia. Mulai dari jenis alat musik yang memang sudah dikenal masyarakat hingga alat musik tradisional yang sangat sakral sehingga hanya digunakan disaat acara-acara tertentu saja. Di artikel kali ini kita akan membahas nama nama alat musik tradisional Indonesia beserta penjelasannya, semoga bermanfaat bagi kita semua.

1. Saluang – Sumatera Barat 



Mungkin alat musik ini merupakan saudara dari alay musik yang sangat kita kenal yaitu suling. Namanya pun juga sepertinya hampir sama, bedanya alat musik saluang yang berasal dari Minangkabau ini dibuat dari bahan dan cara yang sangat sederhana. Hanta sebilah bambu dan talang atau penadah air hujang yang manjadi bahan utama pembuatan saluang. Bentuk talang menjadi tabung dengan ukurang panjang minimal 40 cm dan diameter 3 cm lalu berikan 4 lubang sebagi lubang udara untuk menghasilkan getaran bunyinya.

2. Gamelan Bali




Gamelan sebagai alat musik yang memainkanya dengan cara dipukul memiliki nama nama alat musik tradisional Indonesia beserta penjelasannyasendiri-sendiri di setiap daerah yang berbeda. Meskipun hampir setiap daerah memiliki gamelan tetapi pasti memiliki nama yang berbeda, ciri-ciri yang berbeda dan bunyi yang dihasilkan juga berbeda. Seperti halnya di Bali yang memang disebut gamelan, di Jawa Timur yang disebut klenengan dan degung sebagi sebutan gamelan di jawa barat.

3. Rebab – Kalimantang Tengah




Jika tadi saluang memiliki bentuk dan ciri-ciri seperti seruling atau suling, nama nama alat musik tradisional Indonesia beserta penjelasannyayang berikutnya ini adalah rebab. Sebuah alat musik yang memiliki kesamaan dengan gitar, memiliki dawai-dawai logam dan cara memainkanya juga dipetik. Mungkin hanya bentuknya saja yang berbeda, karena rebab memiliki bentuk lebih kecil dan bulat daripada gitar.
Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
Hadi Surahman
AUTHOR
21 June 2015 at 08:02 delete

Thanks infonya sob, alat musik yang seperti ini yang harus dipelihara dan selalu dimainkan. Jangan sampai di claim lagi oleh negara tetangga

Reply
avatar
Putuberbagi
AUTHOR
21 June 2015 at 13:53 delete

Indonesia memang kaya budaya gan. Seharusnya yang dipelajari anak-anak muda jaman sekarang yaitu melestarikan budaya, bukan malah berfoya-foya. Semoga Indonesia tetap jaya dan tidak ada yang mencuri kebudayaan kita.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22 June 2015 at 02:50 delete

gak bakal rugi jadi anak indonesia, budaya nya yang begitu banyaknya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22 June 2015 at 20:36 delete

gamelan bali hampir sama kaya gamelan jawa ya gan

Reply
avatar
Syarifah Aini
AUTHOR
22 June 2015 at 20:42 delete

Aku tertarik untuk memainkan Rebab :v .

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 June 2015 at 01:00 delete

yang bikin beda suling sama saluang apa ya gan ??????

Reply
avatar
Kota-mangga
AUTHOR
24 June 2015 at 10:09 delete

Alat musik daerah hruz d lestarikn gan..marii..

Reply
avatar
Andrew
AUTHOR
27 June 2015 at 22:12 delete

indonesia memang keren .. thanks infonya gan

Reply
avatar

- Komentar sesuia dengan topik
- Dilarang berkomentar kata-kata jorok atau sara
- Mohon untuk tidak menautkan link aktif


ConversionConversion EmoticonEmoticon