Pengertian lagu daerah Indonesia

Tak hanya tari-tarian yang memiliki banyak keberagaman, dari jenis lagu pun Indonesia juga memiliki banyak sekali jenisnya. Mulai dari genre hingga judul-judul lagu daerah yang berasal dari masing-masing daerah yang selalu memiliki karakter dan makna tersendiri. Kebanyakan lagu-lagu daerah ini adalah lagu-lagu sederhanda yang mewakili beberapa kegiatan atau hal-hal yang dibanggakan daerah tersebut. Sayangnya saat ini  Pengertian lagu daerah  Indonesia sudah banyak dilupakan  tergilas modernisasi.


Pengertian lagu daerah Indonesia

  

Pentingnya Melestarikan Pengertian Lagu Daerah Indonesia



Banyak sekali orang yang meremehkan arti sebuah kekayaan budaya indonesia termasuk Pengertian lagu daerah Indonesia. Padahal lagu-lagu asli daerah di Indonesia bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancana negara maupun warga negara lain untuk mengunjungi dan mempelajari negara Indonesia. Tentunya masih sangat membekas di ingatan kita ketika salah satu lagu daerah kita diakui oleh negara tetangga beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya semua itu tidak akan terjadi jika jauh-jauh hari sebelumnya kita bisa melestarikan dan menjaga warisan budaya tersebut.

Cara Menjaga Kelestarian Lagu-Lagu Daerah

Meskipun banyak yang mengatakan mustahil namun jika kita yakin, akan selalu ada jalan untuk melestarikan lagu daerah sebagai warisan budaya bangsa. Mulai dari selalu memperkenalkan Pengertian lagu daerah Indonesia kepada anak, adek atau tetangga kita. memperdengarkan lagu-lagu daerah sehingga menjadi terbiasa dan akhirnya timbul rasa senang dan mencintai lagu daerah. Bagaimanapun juga perlu usaha didalam dan diluar dunia pendidikan untuk melestarikan itu semua. Jika pendidikan disekolah menuntut anak untuk menghafal beberapa jenis lagu daerah, tempat asalhnya hingga nama penciptanya maka penting bagi kita turut mendukung dengan memperdengarkan beberapa contoh lagu daerah tersebut.
Demikian juga untuk para anak muda sebagai generasi penurus bangsa perawat warisan budaya bangsa. Tak ada salahnya mengadakan kegiatan pentas seni yang bertemakan lagu-lagu daerah, mengadakan kompetisi menyanyi lagu daerah dan mengapresiasi para pencipta dengan memberikan penghargaan terbaik dengan cara menyukai lagi daerah ciptaan anak bangsa.

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Anonymous
AUTHOR
22 June 2015 at 23:31 delete

wah makasih banyak udah di share.. lagu2 daerah memang harus di aja dan di lestarikan biar gk punah atau di rebut bangsa lain.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
23 June 2015 at 03:30 delete

wow hwbat nih informasinya, sangat bermanfaat mas buat-anak dalam negeri,, terimakasih informasinya,,,

Reply
avatar
Ahmad Wahyudi
AUTHOR
26 June 2015 at 00:15 delete

Wahh saya suka nih lagu daerah apalagi daerah Sunda :)

Reply
avatar

- Komentar sesuia dengan topik
- Dilarang berkomentar kata-kata jorok atau sara
- Mohon untuk tidak menautkan link aktif


ConversionConversion EmoticonEmoticon